MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI
Dengan adanya Teknologi internet, kini
manusia semakin kaya akan informasi. Internet sudah menjadi seseuatu yang
penting bagi keberlangsungan manusia di era zaman milenial. Banyak manfaat dari
internet terutama dalam bidang Komunikasi dan Informasi. Untuk diperluasnya,
internet juga bermanfaat untuk berbisnis, politik, ekonomi, dan bersosialisasi.
Sudah banyak sarana dari internet untuk mengetahui sebuah informasi.
Misalnya e-mail, e-learning, e-business, e-book, e-library, dan masih
banyak lagi yangBisa kalian peroleh dengan internet.
Pada era digital ini, internet sangat
berpengaruhi pada kehidupan. Seiring perkembangan zaman, kini manusia
tidak perlu lagi bersusah payah mencari informasi dengan media cetak seperti
Koran dan Majalah. Mesin pencari yang menjadi sebuah wadah dalam melakukan
sebuah informasi. Hanya menggunakan kata dan kalimat (keywords) yang kita cari,
mesin pencari langsung mendeteksi apa yang kita cari dan dapat membantu
menyelesaikan suatu kesulitan pada suatu informasi yang tidak kita ketahui.
Sangat efisiensi waktu bukan? Internet bisa diakses jika kita punya koneksi
dengan perangkat yang bisa mendukung pertukaran data secara global.
Contoh peripheral yang digunakan untuk
mengakses internet adalah jaringan Wifi, Satelit, dan Fiber Optic. Wifi adalah
cara terhubung dengan Internet menggunakan titik akses (hotspot)
terdekat. Titik akses tersebut biasanya terhubung dengan BTS (Base
Transciever Station) yang merupakan tower penguat pemancar sinyal seluler. Kali
ini kami akan membahas tentang manajemen layanan system informasi pada jaringan
penyedia layanan internet atau wifi di sekitar kita.
Pada dasarnya konsumen sangat membutuhkan
pelayanan yang sangat prima dan memuaskan dari Produk yang sudah ia bayar.
Pelayanan yang cepat dan tanggap itu menjadi solusi untuk memuaskan hati
konsumen. Dan di sisi lain penyedia layanan internet ata ISP harus
memiliki banyak peran yang sangat efektif dan juga sangat penting
bagi individu atau organisasi manapun. Penyedia layanan internet harus mempunyai
keungulan strategi kompeitif dalam persaingan dan mengetahui selera konsumen
serta peluang pasar. Diharapkan internet dapat diakses secara cepat, on time
tanpa harus lama menunggu dan akurat bagi pemakainya.
·
Apa
saja yang diinginkan konsumen terhadap Penyedia layanan internet ?
o Kecepatan transfer data
Dalam berinternet ria, kita tak akan terlepas dari yang namanya download,
upload dan browsing. Semua aktifitas tersebut akan sangat bergantung dengan
kecepatan transfer data yang telah disediakan provider. semakin besar kecepatan
transfer data yang disediakan provider artinya semakin besar kecepatan trasfer
data yang kita peroleh dari ISP kita maka akan semakin cepat proses
kita dalam mengakses internet.
o Bandwith
Pengertian bandwith adalah lebar saluran data yang dilewati secara bersamaan
oleh beberapa data yang ditransfer dalam suatu jaringan. Ibaratkan bandwith itu
jalan raya, semakin lebar jalannya maka semakin banyak kendaraan yang bisa
lewat secara bersamaan. Kita perlu untuk mengetahui badwith yang dimiliki oleh
suatu ISP untuk mengetahui kemampuan ISP tersebut dalam melakukan transfer
data, juga agar bisa dijadikan pembanding dengan ISP yang lain
o Teknologi
Selain yang sudah disebutkan di atas, hal
lain yang perlu kita perhatikan dalam memilih ISP adalah teknologi yang
digunakan, beberapa penyedia layanan internet ada yang menggunakan sistem
kompresi data yang memungkinkan transfer data menjadi lebih cepat
o Biaya
Pastinya semua orang mengiginkan biaya yang murah untuk
mengehemat pengeluaran.
o Stabil dan dapat diandalkan
Yang terpenting dalam sebuah internet adalah sebuah koneksi stabil dan lebih
tahan dalam gangguan kondisi cuaca apapun.
Kami akan sedikit memberikan contoh analisa
pelayanan internet dari salah satu provider yang mungkin namanya sudah tidak
asing oleh kita, yaitu Indihome.
IndiHome adalah singkatan dari Indonesia
Digital HOME adalah salah satu produk layanan dari PT Telekomunikasi Indonesia berupa
paket layanan komunikasi dan data seperti telepon rumah (voice), internet (Internet
on Fiber atau High Speed Internet), dan layanan televisi interaktif(USee TV Cable,
IP TV). Karena penawaran inilah Telkom memberi label IndiHOME sebagai tiga
layanan dalam satu paket (3-in-1) karena selain internet, pelanggan juga
mendapatkan tayangan TV berbayar dan saluran telepon.
IndiHome resmi diluncurkan pada tahun
2015. IndiHome juga merupakan salah satu program dari proyek utama
Telkom, Indonesia Digital Network 2015 dimana
indihome digadang-gadang sebagai pengganti Internet Speedy yang masih
satu Label. Dalam penyelenggaraannya, Telkom menggandeng sejumlah pengembang
teknologi telekomunikasi untuk membangun rumah berkonsep digital.
Apakah Indihome sudah memiliki pelayanan
yang sudah maksimal ? berikut adalah kekurangan dan kelebihannya.
·
Kelebihan
o Internet Unlimited tanpa ada batasan kuota.
Kita bisa menggunakan internet tanpa batasan waktu dan tanpa harus memikirkan
kuota
o Jika dibandingkan dengan koneksi internet
dari modem yang notabene menggunakan jaringan wireless seperti GSM dan CDMA,
tentu IndiHome ini jauh lebih oke dan lebih nyaman
o Modemnya bisa digunakan untuk jaringan
hotspot wifi. Sehingga anggota keluarga bisa ikut terhubung di jaringan
tersebut. Entah itu dari PC, laptop, ataupun smartphone
o Bisa dibilang Akses internet cepat
dan sangat stabil. Sangat cocok bagi kamu yang sehari-hari aktif bekerja
menggunakan internet, main game online, streaming video di Youtube, atau
download file besar
·
Kekurangan
o Harga Lebih Mahal dibanding Provider
lainnya.
o Indihome adalah internet Rumahan. Jadi
penggunaan hanya disekitar rumah, tidak bisa dibawa bepergian.
o Jika hujan biasanya kualitas jaringan
menurun.
Berikut ini adalah Contoh Kasus yang dialami
Customer
Dikutip dari laman forum Kaskus.com bahwa
ada yang mengatakan bahwa “Informasi kepada yang ingin menggunakan jasa
Telkom Indihome (layanan TV, internet, dan telepon). Koneksi sering bermasalah,
koneksi sering putus-putus. Tidak seperti Indovision, Telkom Indihome tidak
melakukan pengumuman kerusakan/masalah yang sedang terjadi.Ketika ditelepon ke
bagian pengaduan (147), operator pun tidak tahu kerusakan apa yang sedang
terjadi. Bahkan ketika kita minta petugas teknisi datang ke rumah untuk
memperbaiki kerusakan, hanya janji saja yang diberikan (bahwa petugas akan
datang hari esok atau lusa), tetapi petugas teknisi tidak kunjung datang
semenjak pengaduan.”
Ada juga yang meluapkan kekecewaannya
karena tagihan tidak seseuai seperti yang dituangkan pada surat pembaca dari
Detik.com “Pada tanggal 22 Juli 2017, kami menerima tagihan Indihome di rumah
saya dengan nomor 22703197 sebesar Rp 500 ribuan. Setelah konfirmasi ke call
centre 147, disampaikan masa promo telah habis dan masuk ke tagihan
normal. Semula kami bermaksud memutuskan layanan, namun petugas menawarkan
perubahan paket dengan harga sekitar Rp 383.000/bulan. Tetapi setelah kami
menyetujuinya, tagihan yang datang di bulan berikutnya masih sama di angka Rp
500 ribuan.”
Sebenarnya masih banyak lagi Ulasan yang
diberikan terhadap Indihome dari para konsumen atau pelanggannya. Tapi kami
hanya mengambil sampel yang mewakili dari banyak populasi terebut. Dengan
demikian contoh kasus dan kekurangannya, ternyata masih ada keluhan dari pelanggan
yang kurang puas dengan service yang diberikan oleh pihak indihome. Mungkin
mereka merasa bahwa apa yang mereka minta dan mereka inginkan kurang respon
sehingga mereka menuliskan kekecewaannya di laman tersebut.
Solusi
Meningkatkan Kualitas Pelayanan dengan cara
lebih merespon keluhan pelanggan dengan cepat dan tanggap, menjaga jaringan
agar tetap stabil di segala kondisi, lebih interaktif dengan memberikan
pemberitahuan terhadap konsumen jika ada gangguan atau kenaikan biaya tagihan.
Menurut kami Sebuah Harga yang terbilang mahal adalah wajar jika Kualitas
sebuah jasa yang diberikan baik dan memuaskan.
Referensi :
MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI
Dengan adanya Teknologi internet, kini
manusia semakin kaya akan informasi. Internet sudah menjadi seseuatu yang
penting bagi keberlangsungan manusia di era zaman milenial. Banyak manfaat dari
internet terutama dalam bidang Komunikasi dan Informasi. Untuk diperluasnya,
internet juga bermanfaat untuk berbisnis, politik, ekonomi, dan bersosialisasi.
Sudah banyak sarana dari internet untuk mengetahui sebuah informasi.
Misalnya e-mail, e-learning, e-business, e-book, e-library, dan masih
banyak lagi yangBisa kalian peroleh dengan internet.
Pada era digital ini, internet sangat
berpengaruhi pada kehidupan. Seiring perkembangan zaman, kini manusia
tidak perlu lagi bersusah payah mencari informasi dengan media cetak seperti
Koran dan Majalah. Mesin pencari yang menjadi sebuah wadah dalam melakukan
sebuah informasi. Hanya menggunakan kata dan kalimat (keywords) yang kita cari,
mesin pencari langsung mendeteksi apa yang kita cari dan dapat membantu
menyelesaikan suatu kesulitan pada suatu informasi yang tidak kita ketahui.
Sangat efisiensi waktu bukan? Internet bisa diakses jika kita punya koneksi
dengan perangkat yang bisa mendukung pertukaran data secara global.
Contoh peripheral yang digunakan untuk
mengakses internet adalah jaringan Wifi, Satelit, dan Fiber Optic. Wifi adalah
cara terhubung dengan Internet menggunakan titik akses (hotspot)
terdekat. Titik akses tersebut biasanya terhubung dengan BTS (Base
Transciever Station) yang merupakan tower penguat pemancar sinyal seluler. Kali
ini kami akan membahas tentang manajemen layanan system informasi pada jaringan
penyedia layanan internet atau wifi di sekitar kita.
Pada dasarnya konsumen sangat membutuhkan
pelayanan yang sangat prima dan memuaskan dari Produk yang sudah ia bayar.
Pelayanan yang cepat dan tanggap itu menjadi solusi untuk memuaskan hati
konsumen. Dan di sisi lain penyedia layanan internet ata ISP harus
memiliki banyak peran yang sangat efektif dan juga sangat penting
bagi individu atau organisasi manapun. Penyedia layanan internet harus mempunyai
keungulan strategi kompeitif dalam persaingan dan mengetahui selera konsumen
serta peluang pasar. Diharapkan internet dapat diakses secara cepat, on time
tanpa harus lama menunggu dan akurat bagi pemakainya.
·
Apa
saja yang diinginkan konsumen terhadap Penyedia layanan internet ?
o Kecepatan transfer data
Dalam berinternet ria, kita tak akan terlepas dari yang namanya download, upload dan browsing. Semua aktifitas tersebut akan sangat bergantung dengan kecepatan transfer data yang telah disediakan provider. semakin besar kecepatan transfer data yang disediakan provider artinya semakin besar kecepatan trasfer data yang kita peroleh dari ISP kita maka akan semakin cepat proses kita dalam mengakses internet.
Dalam berinternet ria, kita tak akan terlepas dari yang namanya download, upload dan browsing. Semua aktifitas tersebut akan sangat bergantung dengan kecepatan transfer data yang telah disediakan provider. semakin besar kecepatan transfer data yang disediakan provider artinya semakin besar kecepatan trasfer data yang kita peroleh dari ISP kita maka akan semakin cepat proses kita dalam mengakses internet.
o Bandwith
Pengertian bandwith adalah lebar saluran data yang dilewati secara bersamaan oleh beberapa data yang ditransfer dalam suatu jaringan. Ibaratkan bandwith itu jalan raya, semakin lebar jalannya maka semakin banyak kendaraan yang bisa lewat secara bersamaan. Kita perlu untuk mengetahui badwith yang dimiliki oleh suatu ISP untuk mengetahui kemampuan ISP tersebut dalam melakukan transfer data, juga agar bisa dijadikan pembanding dengan ISP yang lain
Pengertian bandwith adalah lebar saluran data yang dilewati secara bersamaan oleh beberapa data yang ditransfer dalam suatu jaringan. Ibaratkan bandwith itu jalan raya, semakin lebar jalannya maka semakin banyak kendaraan yang bisa lewat secara bersamaan. Kita perlu untuk mengetahui badwith yang dimiliki oleh suatu ISP untuk mengetahui kemampuan ISP tersebut dalam melakukan transfer data, juga agar bisa dijadikan pembanding dengan ISP yang lain
o Teknologi
Selain yang sudah disebutkan di atas, hal
lain yang perlu kita perhatikan dalam memilih ISP adalah teknologi yang
digunakan, beberapa penyedia layanan internet ada yang menggunakan sistem
kompresi data yang memungkinkan transfer data menjadi lebih cepat
o Biaya
Pastinya semua orang mengiginkan biaya yang murah untuk mengehemat pengeluaran.
Pastinya semua orang mengiginkan biaya yang murah untuk mengehemat pengeluaran.
o Stabil dan dapat diandalkan
Yang terpenting dalam sebuah internet adalah sebuah koneksi stabil dan lebih tahan dalam gangguan kondisi cuaca apapun.
Yang terpenting dalam sebuah internet adalah sebuah koneksi stabil dan lebih tahan dalam gangguan kondisi cuaca apapun.
Kami akan sedikit memberikan contoh analisa
pelayanan internet dari salah satu provider yang mungkin namanya sudah tidak
asing oleh kita, yaitu Indihome.
IndiHome adalah singkatan dari Indonesia
Digital HOME adalah salah satu produk layanan dari PT Telekomunikasi Indonesia berupa
paket layanan komunikasi dan data seperti telepon rumah (voice), internet (Internet
on Fiber atau High Speed Internet), dan layanan televisi interaktif(USee TV Cable,
IP TV). Karena penawaran inilah Telkom memberi label IndiHOME sebagai tiga
layanan dalam satu paket (3-in-1) karena selain internet, pelanggan juga
mendapatkan tayangan TV berbayar dan saluran telepon.
IndiHome resmi diluncurkan pada tahun
2015. IndiHome juga merupakan salah satu program dari proyek utama
Telkom, Indonesia Digital Network 2015 dimana
indihome digadang-gadang sebagai pengganti Internet Speedy yang masih
satu Label. Dalam penyelenggaraannya, Telkom menggandeng sejumlah pengembang
teknologi telekomunikasi untuk membangun rumah berkonsep digital.
Apakah Indihome sudah memiliki pelayanan
yang sudah maksimal ? berikut adalah kekurangan dan kelebihannya.
·
Kelebihan
o Internet Unlimited tanpa ada batasan kuota.
Kita bisa menggunakan internet tanpa batasan waktu dan tanpa harus memikirkan
kuota
o Jika dibandingkan dengan koneksi internet
dari modem yang notabene menggunakan jaringan wireless seperti GSM dan CDMA,
tentu IndiHome ini jauh lebih oke dan lebih nyaman
o Modemnya bisa digunakan untuk jaringan
hotspot wifi. Sehingga anggota keluarga bisa ikut terhubung di jaringan
tersebut. Entah itu dari PC, laptop, ataupun smartphone
o Bisa dibilang Akses internet cepat
dan sangat stabil. Sangat cocok bagi kamu yang sehari-hari aktif bekerja
menggunakan internet, main game online, streaming video di Youtube, atau
download file besar
·
Kekurangan
o Harga Lebih Mahal dibanding Provider
lainnya.
o Indihome adalah internet Rumahan. Jadi
penggunaan hanya disekitar rumah, tidak bisa dibawa bepergian.
o Jika hujan biasanya kualitas jaringan
menurun.
Berikut ini adalah Contoh Kasus yang dialami
Customer
Dikutip dari laman forum Kaskus.com bahwa
ada yang mengatakan bahwa “Informasi kepada yang ingin menggunakan jasa
Telkom Indihome (layanan TV, internet, dan telepon). Koneksi sering bermasalah,
koneksi sering putus-putus. Tidak seperti Indovision, Telkom Indihome tidak
melakukan pengumuman kerusakan/masalah yang sedang terjadi.Ketika ditelepon ke
bagian pengaduan (147), operator pun tidak tahu kerusakan apa yang sedang
terjadi. Bahkan ketika kita minta petugas teknisi datang ke rumah untuk
memperbaiki kerusakan, hanya janji saja yang diberikan (bahwa petugas akan
datang hari esok atau lusa), tetapi petugas teknisi tidak kunjung datang
semenjak pengaduan.”
Ada juga yang meluapkan kekecewaannya
karena tagihan tidak seseuai seperti yang dituangkan pada surat pembaca dari
Detik.com “Pada tanggal 22 Juli 2017, kami menerima tagihan Indihome di rumah
saya dengan nomor 22703197 sebesar Rp 500 ribuan. Setelah konfirmasi ke call
centre 147, disampaikan masa promo telah habis dan masuk ke tagihan
normal. Semula kami bermaksud memutuskan layanan, namun petugas menawarkan
perubahan paket dengan harga sekitar Rp 383.000/bulan. Tetapi setelah kami
menyetujuinya, tagihan yang datang di bulan berikutnya masih sama di angka Rp
500 ribuan.”
Sebenarnya masih banyak lagi Ulasan yang
diberikan terhadap Indihome dari para konsumen atau pelanggannya. Tapi kami
hanya mengambil sampel yang mewakili dari banyak populasi terebut. Dengan
demikian contoh kasus dan kekurangannya, ternyata masih ada keluhan dari pelanggan
yang kurang puas dengan service yang diberikan oleh pihak indihome. Mungkin
mereka merasa bahwa apa yang mereka minta dan mereka inginkan kurang respon
sehingga mereka menuliskan kekecewaannya di laman tersebut.
Solusi
Meningkatkan Kualitas Pelayanan dengan cara
lebih merespon keluhan pelanggan dengan cepat dan tanggap, menjaga jaringan
agar tetap stabil di segala kondisi, lebih interaktif dengan memberikan
pemberitahuan terhadap konsumen jika ada gangguan atau kenaikan biaya tagihan.
Menurut kami Sebuah Harga yang terbilang mahal adalah wajar jika Kualitas
sebuah jasa yang diberikan baik dan memuaskan.
Referensi :
0 komentar:
Posting Komentar