APPLICATION SERVICE LIBRARY
Aplikasi Layanan Perpustakaan (ASL) adalah kerangka kerja domain publik
dari praktik terbaik yang digunakan untuk standarisasi proses dalam Aplikasi
Manajemen, disiplin memproduksi dan memelihara sistem informasi dan aplikasi.
Istilah "perpustakaan" digunakan karena ASL disajikan sebagai satu set
buku yang menggambarkan praktek-praktek terbaik dari industri TI. Hal ini
dijelaskan dalam beberapa buku dan artikel (banyak dari mereka hanya tersedia
dalam bahasa Belanda) dan di situs resmi ASL BiSL Foundation.
ASL erat terkait dengan kerangka kerja ITIL (IT Service Management) dan
BiSL (Manajemen Informasi dan Manajemen Fungsional) dan Capability Maturity
Model (CMM).
Kerangka ASL dikembangkan karena ITIL, dipeluk oleh departemen
infrastruktur TI, terbukti tidak memadai untuk Manajemen Aplikasi: pada waktu
itu, ITIL tidak memiliki pedoman khusus untuk aplikasi desain, pengembangan,
pemeliharaan dan dukungan. versi ITIL baru, terutama V3, semakin membahas
Pengembangan Aplikasi dan Aplikasi Manajemen domain; ASL BiSL Foundation telah
menerbitkan sebuah kertas putih membandingkan ITIL v3 dan ASL.
ASL dikembangkan pada akhir tahun sembilan puluhan di Belanda, awalnya
sebagai model R2C proprietary, yang berkembang menjadi ASL pada tahun 2000.
Pada tahun 2001 itu disumbangkan oleh IT Service Provider PinkRoccade ke ASL
Foundation, sekarang ASL BiSL Foundation. Versi ASL2 diterbitkan pada tahun
2009.
Cakupan ASL
ASL2 ini
dimaksudkan untuk mendukung Manajemen Aplikasi dengan menyediakan alat-alat.
Dua kategori utama bantu didefinisikan:
Deskripsi dari
proses untuk Manajemen Aplikasi. Ditambah penggunaan praktek-praktek
terbaik terminologi standar, menghindari perangkap berbicara tentang topik
yang berbeda saat menggunakan kata-kata yang sama. Tujuan dari ASL adalah untuk membantu dalam profesionalisasi Manajemen
Aplikasi.
Ada 4 proses dalam cluster Dukungan Aplikasi. Proses dalam cluster Organisasi Layanan mendukung penggunaan sehari-hari dari sistem informasi. Proses dalam cluster ini adalah:
Ada 4 proses dalam cluster Dukungan Aplikasi. Proses dalam cluster Organisasi Layanan mendukung penggunaan sehari-hari dari sistem informasi. Proses dalam cluster ini adalah:
· Use Support
· Configuration Management
· IT Operation Management
· Continuity
Management
Framework ASL
Proses dalam rangka ASL dapat dibagi sesuai dengan
pertanyaan-pertanyaan berikut:
1. Apakah sudut pendekatan 'layanan' atau 'aplikasi'?
2. Apakah proses operasional, taktis atau strategis
terlibat?
aplikasi manajemen digambarkan sebagai manajemen
pemeliharaan, peningkatan dan renovasi aplikasi dengan cara suara-ekonomi
bisnis. Itu Prinsip kunci di sini adalah untuk mendukung proses bisnis
menggunakan sistem informasi untuk siklus hidup dari proses bisnis.
Dua sudut pandang penting dapat dibedakan di sini:
Yang pertama adalah perspektif 'mendukung proses bisnis
menggunakan sistem informasi'. Ini berarti menjaga aplikasi dan berjalan dan
memastikan bahwa mereka mendukung organisasi kegiatan sehari-hari. Secara
praktis, ini melibatkan menyediakan layanan terus menerus dengan membuat
perusahaan kesepakatan tentang tingkat layanan dan memulihkan tingkat layanan
yang disepakati secepat mungkin jika penyimpangan ditetapkan; menciptakan
tingkat tinggi aksesibilitas bagi pertanyaan dan komentar dari klien tentang
layanan; mencegah gangguan dan memfasilitasi layanan baru dengan menanggapi
sebagai layanan ICT penyedia dalam waktu yang baik. Fokusnya adalah karena pada
layanan, layanan yang disediakan dan yang (bersama-sama dengan manajemen
infrastruktur) memfasilitasi penggunaan aplikasi. Dalam hal ini biaya umum
jumlah 10 - 20% dari biaya keseluruhan manajemen aplikasi.
Tiga tingkat dibedakan: operasional, taktis dan
strategis.
Tingkat operasional mengakui dua kelompok proses:
· 'pemeliharaan'
dari aplikasi: proses yang memastikan ketersediaan optimum aplikasi saat ini
sedang digunakan untuk mendukung proses bisnis dengan minimal sumber daya dan
gangguan dalam operasi.
· 'tambahan
/ renovasi' aplikasi: proses yang beradaptasi aplikasi dengan keinginan baru
dan persyaratan dalam menanggapi perubahan organisasi dan lingkungannya. yang
diperlukan penyesuaian dilakukan terhadap perangkat lunak, model data dan
dokumentasi.
Cluster proses di tingkat strategis adalah:
· Organisasi
Manajemen Siklus (OCM): proses yang bertujuan untuk mengembangkan visi masa
depan organisasi jasa ICT dan menerjemahkan visi yang menjadi kebijakan untuk
pembaruan nya.
· Aplikasi
Cycle Management (ACM): proses yang berfungsi untuk membentuk strategi jangka
panjang untuk berbagai aplikasi yang sesuai dalam keseluruhan penyediaan
informasi organisasi dalam kaitannya kebijakan jangka panjang organisasi.
Sejak tahun sembilan puluhan, ITIL® (IT Infrastructure
Library) telah digunakan untuk memperbaiki kematangan proses manajemen layanan,
terutama di bidang pengelolaan infrastruktur TI. Karena semakin jelas bahwa
manajemen aplikasi memiliki kebutuhan tambahan, ASL® (Application Services Library)
dikembangkan dan diperkenalkan ke dalam domain publik pada tahun 2002.
Perpustakaan tersebut terdiri dari publikasi mengenai model proses dan sejumlah
besar praktik terbaik, makalah putih, artikel Dan presentasi. Perpustakaan
sedang dipromosikan dan dikembangkan oleh ASL BiSL Foundation.
ASL
sekarang diterapkan di banyak organisasi. Pada tahun 2009, ASL 2 telah dirilis.
Kerangka kerja tersebut belum berubah secara radikal sejak publikasi pertama.
Perubahan utama pada ASL 2 berhubungan dengan posisi vendor TI internal dan
eksternal yang dimodifikasi. Perubahan ini memiliki dampak yang besar, tidak
begitu banyak pada kerangka proses itu sendiri, namun bagaimana proses
pengelolaan aplikasi diterapkan di dunia saat ini dan masa depan penawaran dan
permintaan TI.
ASL
terkait dengan pengelolaan dukungan, pemeliharaan, pembaharuan dan strategi
penerapan secara ekonomi. Perpustakaan terdiri dari kerangka kerja,
praktik terbaik, template standar dan penilaian sendiri. Kerangka kerja
ASL menyediakan deskripsi semua proses yang dibutuhkan untuk manajemen aplikasi
Tujuan Application Service
Library
ASL
bertujuan untuk memprofesionalkan bidang pengelolaan aplikasi. Pendekatan
standar ASL berkontribusi pada profesionalisasi organisasi manajemen aplikasi
dan memfasilitasi cara kerja yang lebih efisien dan hemat biaya. Salah
satu keuntungan utama ASL adalah kerangka umum dan kerangka acuan untuk domain
pengelolaan aplikasi memungkinkan kerjasama yang lebih baik antara pihak-pihak
yang terkait.
ASL2
ini dimaksudkan untuk mendukung Manajemen Aplikasi dengan menyediakan
alat-alat. Dua kategori utama bantu didefinisikan:
- Deskripsi dari proses untuk
Manajemen Aplikasi.Ditambah penggunaan praktek-praktek terbaik
- terminologi standar, menghindari
perangkap berbicara tentang topik yang berbeda saat menggunakan kata-kata
yang sama.
Tujuan
dari ASL adalah untuk membantu dalam profesionalisasi Manajemen Aplikasi.
ASL2 KERANGKA
STRUKTUR ASL2
ASL2
berisi 3 tingkat, 6 kelompok proses (3 pada tingkat operasional, 1 pada tingkat
taktis, 2 pada tingkat strategis) dan totalitas 26 proses.
TINGKAT
OPERASIONAL
Dukungan Aplikasi klaster
Ada 4 proses dalam cluster Dukungan Aplikasi. Proses dalam cluster Organisasi Layanan mendukung penggunaan sehari-hari dari sistem informasi. Proses dalam cluster ini adalah:
- Gunakan Dukungan
- Manajemen konfigurasi
- Manajemen Operasi IT
- Manajemen kontinuitas
Proses
ini telah juga telah didefinisikan dalam kerangka ITIL. Proses serupa, tetapi
dilihat dari sudut pandang yang lain, oleh karena itu kegiatan di masing-masing
proses ini mungkin berbeda dari kegiatan dalam ITIL lingkungan.
Aplikasi Pemeliharaan dan
Renewal klaster
Ada 5 proses dalam Pemeliharaan Aplikasi dan Renewal cluster. Dalam cluster ini mayoritas pekerjaan Pengembangan Aplikasi dilakukan. Sebagian besar karya Manajemen Aplikasi berkaitan dengan merancang, pemprograman dan pengujian aplikasi dan sistem informasi. Proses adalah:
Ada 5 proses dalam Pemeliharaan Aplikasi dan Renewal cluster. Dalam cluster ini mayoritas pekerjaan Pengembangan Aplikasi dilakukan. Sebagian besar karya Manajemen Aplikasi berkaitan dengan merancang, pemprograman dan pengujian aplikasi dan sistem informasi. Proses adalah:
- Dampak analisis
- Desain
- Realisasi
- pengujian
- Pelaksanaan
Proses-proses
ini tidak dijelaskan sama sekali dalam kerangka ITIL V1, tetapi memiliki
rekan-rekan mereka di BiSL, model Informasi manajemen / Manajemen Fungsional.
Menghubungkan Proses Tingkat
Operasional klaster
Ada 2 proses dalam Menghubungkan Proses
Tingkat Operasional cluster. Proses menghubungkan bertujuan sinkronisasi
kegiatan antara Layanan Organisasi / operasi (menggunakan aplikasi) dan
pengembangan dan pemeliharaan (mengubah aplikasi). Kedua proses termasuk
adalah:
- Manajemen perubahan
- Control Software dan Distribusi
TINGKAT
MANAJEMEN
Manajemen Proses klaster
Ada 5 proses dalam Manajemen Proses
cluster. Proses dalam cluster ini digunakan dalam pengelolaan kegiatan dalam
cluster pada tingkat operasional. Proses terletak di tingkat taktis, digunakan
untuk mengarahkan proses operasional. Proses termasuk adalah:
- Manajemen kontrak
- Perencanaan dan Pengendalian
- Manajemen mutu
- Manajemen keuangan
- Manajemen pemasok
TINGKAT
STRATEGIS
Aplikasi Strategi klaster
Ada 5 proses dalam cluster Strategi Aplikasi. Aplikasi hidup lebih lama dari yang diharapkan. Sistem, fungsi, konsep dan struktur sistem informasi tetap stabil selama bertahun-tahun. Pengetahuan ini jarang digunakan. Adalah penting bahwa, sambil mempertahankan dan meningkatkan sistem, ada pandangan yang jelas diperlukan apa tuntutan yang di masa depan, dan berdasarkan itu, apa dan bagaimana masa depan aplikasi ini akan terlihat seperti. Pandangan ini, strategi manajemen aplikasi, dibuat dalam cluster Strategi Aplikasi. Proses dalam cluster ini adalah:
- IT Perkembangan Strategi
- Organisasi Strategi pelanggan
- Strategi Lingkungan pelanggan
- Aplikasi Manajemen Siklus Hidup
- Aplikasi Manajemen Portofolio
Aplikasi Manajemen Strategi
Organisasi klaster
Ada 5 proses dalam cluster Manajemen
Aplikasi Strategi Organisasi. Juga masa depan organisasi Manajemen Aplikasi,
dengan aspek keterampilan dan kemampuan, pasar dan pelanggan, sangat penting.
Membuat strategi manajemen organisasi ini adalah tujuan dari Manajemen Aplikasi
Strategi Organisasi cluster. Proses dalam cluster ini meliputi:
- Akun dan Definisi Pasar
- kemampuan Definisi
- teknologi Definisi
- pemasok Definisi
- Jasa Pengiriman Definition
TREN YANG MENDASARI
- Peningkatan jumlah (standar)
komponen aplikasi
- Peningkatan jumlah penyedia AM
- diversifikasi lebih dan
spesialisasi penyedia AM
Yang
posisi di ekosistem AM?
Anda
tidak dapat mengendalikan seluruh rantai suplai jadi hanya fokus pada interface
dengan pihak yang berdekatan
RINGKASAN ASL
- Organisasi tergantung pada aplikasi
- Aplikasi yang semakin kompleks
- AM juga semakin kompleks
- AM adalah ekonomi yang signifikan
- ASL menawarkan bimbingan untuk
organisasi AM
- Operasional, Manajemen, Kualitas,
Strategis
RINGKASAN PERBANDINGAN ASL, BISL &
ITIL
ASL
dan ITIL V3
- domain yang sama, definisi yang
berbeda
- ITIL berkonsentrasi pada layanan
TI, ASL pada produk dan layanan aplikasi
- ASL memberikan pedoman yang lebih
rinci tentang :
–realisasi
dan pengujian dipesan lebih dahulu (penambahan) aplikasi
–strategi
aplikasi
–perencanaan
& pengendalian dan kualitas proses tingkat taktis (meskipun kurang dari
CMMI)
- ASL didedikasikan untuk AM, lebih
kompak
- ASL ditulis dalam bahasa AM
ITIL
V3 dan V2
- cakupan lebih dari AM di ITIL V3
dari V2
- bimbingan generik yang juga berguna
untuk AM
- ITIL membantu untuk meningkatkan
‘layanan pengelolaan’
BiSL
dan ITIL V3
- BiSL memberikan panduan untuk
permintaan tidak memasok
- ITIL juga membahas permintaan,
tetapi dari perspektif supply
0 komentar:
Posting Komentar